Saturday 6 October 2012

Aneh, mBah Mardiyem Kecopetan, Uang Kembali Sendiri

MADINAH (KRjogja.com) -  Peristiwa aneh menimpa mbah Mardiyem (75 th), calon haji asal Tanjunggetas Getas Playen Gunungkidul. Saat mengikuti ziarah ke Masjid Qiblatain, ia kecopetan. Namun tanpa diduga, uang yang diambil pencopet 'kembali'sendiri.

Menurut bu Nuriyah (menantu), saat mbah Mardiyem akan masuk masjid Qiblatain, tiba-tiba ada orang yang merogoh tas paspor yang dikalungkan di lehernya. Orang tersebut langsung mengambil dompetnya kemudian lari. Ibu-ibu lain yang menyaksikan tidak bisa apa-apa.

"Ibu kulo langsung muni-muni,  ooo ciloko tenan kowe wani njukuk duitku. Dosa, haram, mlebu neroko," kata bu Nuriyah menirukan umpatan mertuanya. (Ibu saya langsung mengumpat, kamu akan celaka karena mengambil uang saya. Berdosa, haram, dan kamu akan masuk neraka, Red).

Setelah itu mbah Mardiyem wudhu lalu masuk masjid untuk salat sunat. Tak lupa berdoa uangnya kembali. Ketika keluar masjid mbah Mardiyem masih belum lega. Bu Nuriyah berusaha menghibur dengan meminta mertuanya ikhlas dan uang akan kembali.

"Ikhlas yo ikhlas, ning atiku tetep lara," katanya (ikhlas ya ikhls, tetapi hatiku tetap sakit, Red). Tiba-tiba ketika mata memandang ke bawah sambil jalan, dilihatnya sebuah amplop agak tebal yang sudah terinjak-injak. Ketika diambil, ternyata isinya uang persis seperti uangnya yang telah digondol pencopet, yaitu uang 1.050 riyal terdiri pecahan dua lembar 500 riyal dan selembar limapuluh riyal. Karena itu mbah Mardiyem yakin yang tersebut miliknya. (Fie)

0 comments:

Post a Comment